Selasa, 15 April 2014

Hospital Tour #blogger2hospital @rsiaevasari

Hallow setelah sekian lama hampir setahun mungkin br posting lg :D oke sekarang cuss ke pembahasan. Pada tanggal 12 April 2014 saya dan rombongan dari #blogger2hospital mengunjungi RSIA EVASARI. Kegiatan ini merupakan yang kedua kali nya saya ikuti, kegiatan para blogger yang digagas oleh Pak @anjarisme yang ingin agar orang awam mengetahui seluk beluk mengenai ruamh sakit. Pada kegiatan sebelumnya mengunjungi RS Premier Bintaro dan untuk rumah sakit kedua mengunjungi RSIA Evasari yang berada di jakarta pusat. 

Ketika pertama memasuki RSIA Evasari yang terlihat banyaknya mobil dan motor yang parkir d halaman karena memang dr segi lahan parkir memang kurang dan dalam tahap pengembangan. Namun dr banyaknya mobil yang parkir bisa diindikasi memang banyak yang percaya pada rumah sakit ini sebagai tempat berobat ataupun hanya untuk sekedar mengunjungi kerabat yang sedang di rawat disana.

Setelah bertemu dengan rekan-rekan yang lain kita berkumpul untuk mendengarkan kata sambutan dan penjelasan megenai RSIA Evasari yang dikenal dengan Batik Heritage Hospital dan memiliki Moto : Pelayanan Bermutu dan Terpadu dari Pak Agus dan dr. Echi sebagai perwakilan dari RSIA Evasari, namun sebelum itu ada fasilitas yang diberikan RSIA Evasari kepada kami para blogger untuk memeriksakan kesehatan, yaitu berupa pemeriksaan tulang, kadar lemak dalam darah, serta pemeriksaan gula darah. Kami sangat senang dengan adanya fasilitas yang di berikan jarang-jarang kan bisa memeriksakan diri secara gratis hehe. dan untungnya hasil pemeriksaan yang saya peroleh bagus namun sedikit bermasalah dikadar lemak darah yang sedikit berlebih :(. 

Kata sambutan serta perkenalan dari kami serta perbincangan ringan sudah dilaksanakan, setelah itu kami langsung memulai tour de hospital yang diawali dari bagian IGD RSIA Evasari. Memasuki ruang IGD tersebut memang kami tidak menemukan garis panjang yg berwarna merah, kuning, hijau, atau pun hitam di dalamnya namun selalu tiap rumah sakit melakukan tindakan TRIAGE terhadap tiap pasien yang baru datang sehingga paramedis mengetahui mana pasien yang harus lebih dulu di tangani. Yang di maksud triage yang lebih mendetail menurut http://kamuskesehatan.com Triage adalah tindakan mengkategorikan pasien menurut kebutuhan perawatan dengan memprioritaskan mereka yang paling perlu didahulukan. Paling sering terjadi di ruang gawat darurat, namun triage juga dapat terjadi dalam pengaturan perawatan kesehatan di tempat lain diaman pasien diklasifikasiakan menurut keparahan konisinya. Tindakan ini dirancang untuk memaksimalkan dan mengefisiensikan pengguaan sumber daya tenaga medis dan fasilitas yang terbatas. 

Berlanjut dari IGD kami diajak mengunjungi ruangan NICU (Neoanatall Intensive Care Unit), PICU (Perinatal Intensive Care Unit), HCU (High Care Unit), untuk NICU merupakan ruangan untuk bayi umur 0-3 bulan yang memerulukan penangan serius, ruangan PICU untuk anak umur 1- 12 tahun. dan untuk HCU sendiri untuk pasien yang memerlukan pengawasan lebih dari tim medis. 

Sudah puas mengetahui seluk beluk mengenai NICU, PICU dan HCU kami melanjutkan ke bagian poliklinik anak, disana sudah ramai para pasien anak yang ditemani oleh orang tuanya untuk berobat. uniknya rumah sakit anak terlihat dari hiasan dinding di beberapa ruangan yang sangat memberikan kesan hommy dan ada banyak mainan sebagai obat jenuh bagi anak-anak yang sedang menunggu diperiksa oleh dokter.

Dari poliklinik anak kami diajak lagi melihat ruang VIP yang ada di RSIA Evasari, ruangan ini terlihat seperti kamar hotel pada umunya namun yang mengisi khusus orang sakit. Didalamnya terdapat dua ruangan ruangan pertama terdapat sofa, meja makan dan televisi untuk para tamu yang menjenguk atau untuk keluarga yang sedang menuggu dan untuk ruangan sebelah terdapat tempat tidur si pasien.

Hampir seluruh bagian dari RSIA Evasari kami kunjungi, setelah puas berkeliling dilanjutkan dengan acara makan siang bersama :D. Makan siang selesai kami dari para #bloggger2hospital diminta oleh Pak @anjarisme mengutarakan feedback yang dirasakan setelah mengujungi RSIA Evasari dan ada 1 bagian dari pelayanan yang ada di RSIA Evasari yang ingin di berikan kepada salah seorang dari #blogger2hospital yaitu k'Echa yang kebetulan membawa baby nya yang bernama Raffi untuk mendapatkan pelayanan Echocardiograph. Pelayanan Echocardiograph bertujuan untuk mengetahui keadaan jantung khusus untuk bayi. Dan untuk hasil pemeriksaan ini jantung baby Rafi sangat bagus. 

Dari hasil hospital touring kali ini saya mendapatkan pengetahuan kembali mengenai RSIA karena rumah sakit ini khusus ibu dan anak saja bukan rumah sakit umum, tapi bukan brarti bapaknya nga boleh berobat namun khusus untuk ibu dan anak. Dengan harapan #blogger2hospital bisa touring ke banyak rumah sakit lainnya dengan permasalahan yang lebih kompleks. Ayo siapa lagi yg mau join #blogger2hospital? :D



2 komentar:

  1. Horeeee.. Akhirnya mba widia update..
    Nlnanti ikut lagi ya..

    BalasHapus
  2. hahaa iya pak akhirnyaa..siap ditunggu kabarnya pak :D

    BalasHapus